Lomba aplikasi e-Government merupakan lomba aplikasi yang memanfaatkan teknologi informasi berbasis internet oleh pemerintah dalam memberikan informasi dan layanan kepada masyarakat, bisnis, pegawai, atau pemerintah lainnya, atau sebaliknya masyarakat atau bisnis dapat berinteraksi, atau memberikan informasi kepada pemerintah. Aplikasi e-Government dapat diimplementasikan dalam bentuk web- based, mobile-based atau kombinasi keduanya. Terdapat setidaknya 4 kategori e-Government, yaitu aplikasi yang digunakan untuk mendukung relasi antara:
- Pemerintah (Government) dan Masyarakat (Citizen), atau sebaliknya (disebut G2C atau C2G);
- Pemerintah dan Usahawan atau Pelaku Bisnis, atau sebaliknya (G2B atau B2G);
- Pemerintah dan Pemerintah lainnya (G2G);
- Pemerintah dan Pegawai pemerintah itu sendiri (G2E).
KETENTUAN KOMPETISI:
- Satu tim terdiri dari 2-3 orang mahasiswa yang dipimpin oleh seorang ketua tim.
- Karya mencakup sub bidang kategori di atas yakni G2C, G2B, G2E atau G2G.
- Masing-masing tim diwajibkan untuk mengumpulkan laporan write-up pada babak final.
- Karya merupakan ide atau gagasan yang sesuai dengan tema KMIPN IV 2022
BABAK PENYISIHAN (PROPOSAL):
Babak penyisihan 1 dari kategori pengumpulan proposal. Proposal harus memperhatikan ketentuan berikut:
- Proposal mencakup sub bidang kategori diatas yakni G2C, G2B, G2E atau G2G.
- Proposal menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PEUBI).
- Proposal yang diajukan merupakan ide yang original.
- Proposal tidak mengandung unsur SARA, ujaran kebencian ataupun yang tidak sesuai dengan norma kesopanan/kesusilaan.
- Penulisan disusun secara logis dan sistematis (proposal karya yang sistematis secara umum mengandung unsur identifikasi pada layanan kepada masyarakat, bisnis, pegawai, atau pemerintah lainnya, atau sebaliknya).
SISTEMATIKA PENULISAN PROPOSAL:
Proposal e-Government KMIPN IV harus ditulis sesuai petunjuk berikut:
- DAFTAR ISI
- BAGIAN UTAMA
- PENDAHULUAN
- Uraian yang melatarbelakangi peserta mengajukan ide e-Government yang sesuai dengan tema KMIPN
- Tujuan
- Manfaat
- Target Pengguna
- GAGASAN
- Kondisi aktual objek permasalahan (dapat diperoleh dari bahan tulisan resmi dan relevan, wawancara atau observasi mandiri).
- Inovasi teknologi yang digunakan dalam memecahkan sebuah masalah.
- Rancangan mockup implementasi dari gagasan yang diajukan.
- Uraian peran & kontribusi dari pihak-pihak yang terlibat dalam membantu implementasi gagasan.
- Tahapan-tahapan strategis dalam usaha penerapan gagasan hingga tujuan yang ditentukan dapat tercapai.
- KESIMPULAN
- Secara umum, membahas singkat tentang gagasan yang diajukan serta alur pengimplementasiannya
- DAFTAR PUSTAKA
Daftar pustaka ditulis dengan menggunakan Harvard Style
Proposal diupload dalam format .pdf dengan penamaan:
EGOV_KMIPN2022_[Nama tim]_[ ASAL POLITEKNIK (TIDAK DISINGKAT )].pdf
KRITERIA PENILAIAN:
Babak Penyisihan
No |
Kriteria Penilaian |
Bobot |
1 |
Permasalahan |
15% |
2 |
Pemaparan masalah yang didukung dengan data, dokumen, dan mockup |
20% |
3 |
Inovasi produk |
25% |
4 |
Kebermanfaatan produk |
25% |
5 |
Kebermanfaatan produk |
15% |
Babak Final:
Pada babak Final ini dilakukan penilaian dengan melihat penguasaan materi peserta, kemampuan untuk menjawab pertanyaan juri berdasarkan sistem yang dibuat, fungsi dan fitur dalam aplikasi yang dibuat serta keunikan dan kesesuaian dengan tema KMIPN IV.