Perancangan Bisnis Bidang TIK

Perancangan Bisnis Bidang TIK

Lomba Perancangan Bisnis Bidang TIK adalah kompetisi pengembangan model bisnis dengan produk TIK. Suatu perencanaan bisnis adalah penghubung antara ide dan kenyataan artinya bagaimana ide diwujudkan menjadi kenyataan dengan mengetahui faktor-faktor yang menjadi pemicu keberhasilan dan kegagalan suatu bisnis. Lomba ini memberikan kesempatan kepada peserta yang memiliki ide bisnis, startup dan pengembangan usaha yang berorientasi pada produk TIK, berupa jasa atau produk. Perencanaan bisnis yang baik akan membantu dalam melihat lebih jelas mengenai tipe bisnis yang akan dirintis, siapa saja yang akan menjadi pelanggan dan produk atau jasa apa yang akan di tawarkan.

Jika ide bisnis yang diikutsertakan adalah ide bisnis yang dikembangkan dari kontes sebelumnya, peserta harus menjelaskan pada juri mengapa ide bisnis tersebut diikutsertakan dan apa yang membedakan yang sekarang dengan sebelumnya.

  1. Tahapan Penyisihan
  2. Pada tahap ini peserta mengirimkan Proposal dan Poster terkait bisnis yang dikompetisikan. Syarat proposal Pengembangan Ide Bisnis (Business Plan) TIK dengan anggota 2-3 orang yaitu sebagai berikut:

    1. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
    2. Proposal dapat menjelaskan ide karya dengan baik.
    3. Informasi yang disajikan dalam proposal minimal memuat sebagai berikut:
      1. Cover dan Judul
      2. Executive summary (merupakan uraian singkat yang mencakup keseluruhan konsep/isi proposal maksimal 1 (satu) halaman)
      3. Daftar isi
      4. Pendahuluan; Pada bagian pendahuluan, proposal harus menjelaskan mengenai:
        1. Latar belakang dan motivasi melakukan usaha.
        2. Justifikasi pemilihan obyek usaha
        3. Tujuan usaha yang hendak dicapai.
      5. Analisis produk; Produk yang dimaksud disini dapat berupa barang atau jasa. Produk yang diusulkan hendaknya mengandung suatu inovasi sehingga memiliki keunggulan dibandingkan dengan produk/jasa yang sudah ada. Inovasi bisa dalam hal produk/jasa itu sendiri, proses penyampaiannya ke pelanggan atau proses produksinya. Pada bagian ini peserta harus menjelaskan:
        1. Jenis dan nama produk, serta karakteristik produk.
        2. Keunggulan produk dibanding produk lain yang ada di pasaran (jika ada saingan)
        3. Keterkaitan dengan produk lain termasuk dalam hal perolehan bahan baku.
      6. Analisis pasar; Pada bagian ini proposal harus memuat analisis potensi atau peluang terserapnya produk di pasar serta strategi yang akan digunakan atau diadopsi agar produk bisa bersaing dengan produk sejenis yang ada di pasar. Bagian ini harus memuat, antara lain:
        1. Profil kosumen potensial
        2. Potensi dan segmentasi pasar
        3. Pesaing dan peluang pasar
        4. Media promosi yang akan digunakan
        5. Target atau rencana penjualan satu tahun
        6. Strategi pemasaran yang akan diterapkan
      7. Analisis produksi atau operasi; Bagian ini harus menjelaskan bagaimana produk dihasilkan. Uraian pada bagian ini akan mencakup:
        1. Ketercukupan dan kontinuitas ketersediaan bahan baku, bahan penolong dan peralatan yag digunakan.
        2. Proses produksi/operasi. Jumlah produk yang dihasilkan dalam satu tahun (produktifitas).
      8. Analisis Keuangan
        1. Investasi yang diperlukan (kebutuhan modal disertai kebutuhannya)
        2. Penentuan harga pokok penjualan
        3. Rencana Neraca awal dan Neraca akhir tahun
        4. Rencana laporan Laba/Rugi
      9. Analisis sumber daya manusia (SDM)
        1. Pemanfaatan SDM
        2. Kualifikasi SDM yang dibutuhkan
        3. Spesifikasi jabatan (Job Description)
        4. Sistem penggajian dan kompensasi
      10. Strategi Bisnis
        1. Kekayaan intelektual: Status paten dan lisensi (jika ada)
        2. Strategi penjualan dan marketing.
        3. Strategi Keuangan :
          1. Jumlah dana investasi yang dibutuhkan.
          2. Cash flow , Proyeksi pendapatan dalam 3-5 tahun
        4. Strategi untuk mitigasi resiko
      11. Informasi lainnya yang menjadi daya tarik / ciri khas karya
    4. Format penamaan file adalah : BisnisTIK_KMIPN2021_[Nama tim].pdf
    5. Contoh :

      BisnisTIK_KMIPN2022_GoSayur.pdf

    6. Proposal dan Poster diunggah pada (https://kmipn.polibatam.ac.id).
    7. Setiap tim dapat mengumpulkan atau mengganti submisi hingga batas akhir submisi yang telah ditentukan. Proposal yang digunakan adalah proposal yang paling akhir disubmisikan.
    8. Juri akan menilai untuk menentukan 10 tim terbaik yang masuk ke babak final dan keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

  3. Penilaian

Babak Penyisihan

No Kriteria Keterangan Nilai Maksimal
1 Inovasi,Kreativitas,dan Orisinalitas dari Ide Mampu menghasilkan ide yangunik, bernilai ekonomis dan memanfaatkan IT dalam pengembangannya 40
2 Nilai jual Ide bisnis memungkinkan untuk dapat di implemetasikan 30
3 Sistematika Penulisan Kesesuaian dengan template, penggunaan bahasa dan kreativitas sehingga menjadikan proposal yang menarik 20
4 Kesesuaian Tema Kesesuaian ide dengan tema KMIPN 2021 10